1) Konsep
Mantja (2000) menjelaskan administrasi merupakan
penerapan berpikir rasional untuk mengorganisasikan kegiatan-kegiatan,
sedangkan manajemen lebih banyak dititikberatkan pada hal yang bersifat teknis
yang mengharuskan adanya keterampilan dalam melakukan perencanaan,
pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian. Dimana keterampilan manajemen
tersebut merupakan hal mendasar yang memperkuat administrasi.
Sependapat dengan Mantja, Atmosudirdjo menyatakan
di negara-negara Eropa, di sebutkan administrasi adalah induk dan manajemen
adalah anaknya. Lembaga administrasi negara RI kemudian memperkuat pendapat
manajemen berada dalam lingkup administrasi dengan cara menggunakan
administrasi lebih dahulu baru kemudian manajemen (Husaini, 2011: 11).
Dalam konsep pemikiran logis, Siagian (2003: 2-5)
kemudian memaparkan posisi manajemen dan administrasi. Dimana administrasi
dipandang sebagai keseluruhan proses kerja sama antara dua orang manusia atau
lebih yang didasarkan atas rasionalitas tertentu untuk mencapai tujuan yang
telah ditetapkan sebelumnya. Sedangkan manajemen merupakan proses
penyelenggaraan berbagai kegiatan dalam rangka penerapan tujuan dan sebagai
kemampuan atau keterampilan orang yang menduduki jabatan manajerial untuk
memperoleh sesuatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui
kegiatan-kegiatan orang lain.
Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa manajemen merupakan inti dari administrasi,
sebab manajemen berfungsi sebagai alat pelaksana utama dalam kegiatan administrasi.
2) Filosofis
Secara filosofis administrasi adalah adanya
aktivitas sekelompok manusia yang mencakup aspek manajemen, organisasi,
komunikasi, kepegawaian, perlengkapan, keuangan, sekretariat, dan lingkungan.
Dimana aspek-aspek tersebut saling berkaitan dan mempunyai tugas dan fungsi
masing-masing untuk mencapai tujuan bersama (Fathoni, 2006: 4-5).
Sedangkan filsafat manajemen adalah kerjasama yang
saling menguntungkan, efektif, dan dengan metode kerja yang terbaik untuk
mencapai hasil yang optimal. Dengan memperhatikan faktor-faktor dasar yang
diperlukan dan memiliki hubungan saling ketergantungan satu sama lain yaitu
kepentingan umum, tujuan usaha, pimpinan pelaksana, kebijakan, fungsi, faktor
dasar, struktur organisasi, prosedur, dan moral kerja (Hasibuan, 2007: 5).
Kerja
sama yang dilakukan dalam manajemen tentu berawal dari adanya sekelompok
manusia yang melakukan aktivitas. Hal ini memperkuat pandangan bahwa manajemen
merupakan kegiatan yang dilakukan dalam proses administrasi.
3) Aplikasi
Perbedaan aktivitas
administrasi dan manajemen dapat dilihat dari berbagai aspek kegiatan (Siagian,
2001: 56-57). Lebih rinci disajikan dalam tabel berikut.
Perbedaan Management dan Administrasi
Reviewed by Unknown
on
21.32
Rating:
Tidak ada komentar: