Tahukah anda, apa pengertian manajemen? Melalui tulisan ini, akan kami uraiakan Pengertian dan Fungsi Ilmu Manajemen. Manajemen adalah
suatu keahlian atau teknik untuk merencanakan, melaksanakan dan
mengawasi penggunaan sumber daya secara efektif dan efisien untuk
mencapai tujuan tertentu; atau suatu cara untuk mencapai sesuatu dengan
menggunakan orang lain (getting things done through others). Banyak
anggapan bahwa manajemen lebih merupakan seni (art) daripada ilmu.
Sebagai seni, manajemen sangat bergantung pada keahlian dan sikap orang
atau pelaksana. Sebagai proses, manajemen dapat dipelajari maupun
diperbaiki (disempurnakan) sehingga manajemen dapat digolongkan sebagai
ilmu. Suatu organisasi selalu mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Untuk
mencapai tujuannya, di dalam organisasi dilakukan berbagai kegiatan
yang saling terkait antara satu dengan lainnya. Disini mulai terlihat fungsi dari ilmu manajamen.
Fungsi manajemen adalah kegiatan manajemen yang saling terkait untuk mencapai keseluruhan proses. Empat fungsi manajemen yaitu: perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), pengaturan (directing), dan pengawasan (controlling).
Dalam Fungsi perencanaan, tahap perencanaan (planning) dipikirkan langkah-langkah yang harus diambil, yaitu dengan menetapkan:
- tujuan yang ingin dicapai,
- cara mencapai tujuan tersebut, dan
- cara untuk melakukan pengawasan.
Adanya rencana dalam setiap kegiatan atau organisasi akan memungkinkan:
- melakukan alokasi sumber daya untuk setiap kegiatan;
- mengawasi dan mengukur hasil yang dicapai, sehingga dapat ditentukan Iangah-langkah perbaikan yang perlu diambil;
- anggota organisasi bekerja atau melakukan tugasnya sesuai prosedur atau aturan yang ditentukan.
Fungsi pengorganisasian (organizing) berkaitan dengan penentuan
struktur organisasi. Struktur organisasi dibentuk sesuai dengan rencana,
dan tergantung pada tujuan dan jenis kegiatan. Fungsi pengaturan
(directing) atau sering juga disebut leading, yaitu fungsi yang mengatur
anggota organisasi agar menjalankan tugasnya seperti yang telah
ditentukan supaya tujuan yang ditetapkan dapat tercapai.
Fungsi pengawasan (controlling) bertujuan untuk melihat apakah
kegiatan yang dilakukan serta hasil yang diperoleh sudah sesuai dengan
rencana dan ke arah yang diinginkan. Tiga hal penting dalam pengawasan
adalah:
- menentukan standar atau tolok ukur pre stasi kerja,
- mengukur hasil kerja dengan standar yang ada, dan
- mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memperbaiki hasil kerja yang tidak sesuai tolok ukur.
Fungsi pengawasan berkaitan erat dengan rencana. Pengawasan tidak dapat
dilakukan tanpa rencana. Sebaliknya, keberhasilan rencana tidak dapat
diperoleh, tanpa ada yang memonitor keberhasilannya. Biasanya hubungan
antara rencana dan pengawasan dapat dilihat melalui anggaran. Dana
pelaksanaan yang menyimpang jauh dari anggaran menunjukkan adanya
masalah yang tidak terlihat pada waktu merencana.
Mengenal Ilmu Management
Reviewed by Unknown
on
21.17
Rating:
Tidak ada komentar: